Tabel Tafsir




Definisi Metode Tafsir
No
Sumber Definisi
Metode
Metodologi
Tafsir
1
Kamus Bahasa Indones
ia
Cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.

Ilmu tentang metode
Penjelasan tentang Al-Qur’an agar maksudnya lebih mudah difahami.

2
Ensiklopedi
Cara melaksanakan sesuatu atau cara mencapai pengetahuan
Metoda yang digunakan dalam penyelidikan keilmuan
Penjelasan mengenai Ayat-ayat Al-Qur’an, tentang makna, maksud, hikmah, dan lain-lain yang terkandung di dalamnya.

3
Oxford

A way of doing something
A set of a methods used in a particular area of activity
Interpret : To explain what something means

4
Kamus Arab

Sistem( نـظـام ) , Cara yang jelas / mudah( طـريـق واضـح )

Metode, Rencana, Jalan yang terang ( نـهـج ).

Penjelasan  ( شـرح ), Klarifikasi  atau ( إيـضـاح )

5
Dr. Ibrahim Sy.

Suatu cara atau alat untuk merealisasi kan tujuan aliran-aliran tafsir.

Metode Tafsir : Cara menafsirkan Ayat-ayat Al-Qur’an, baik didasarkan atas pemakaian sumber-sumber penafsirannya, atau sistem penjelasan tafsiran-tafsirannya, keluasan penjelasan tafsirannya maupun didasarkan atas sasaran dan tertib Ayat-ayat yang ditafsirkan




Sekilas Tentang Tafsir
No
Kajian
Deskripsi
1
Definisi bahasa
Menurut Manna al-Qatthan, Tafsir berasal dari فـســر  yang mengikuti wazan تـفـعـيــل , kemudian menjadi lafadz تـفـسـيــر . Artinya ; Menerangkan, membuka, dan menjelaskan makna yang ma’qul.
Maksudnya ; Penjelasan yang dipakai untuk menjelaskan maksud dari kata-kata yang sukar.
2
Definisi Istilah
Dalam arti sempit ; Menerangkan lafadz-lafadz Ayat dan i’rabnya, serta menerangkan segi-segi sastra susunan Al-Qur’an dan isyarat-isyarat ilmiahnya.
Dalam arti luas : Menafsirkan Ayat demi mencapai tujuan utama dari tafsir, yaitu menjelaskan petunjuk-petunjuk Al-Qur’an dan ajaran hukum-hukum dan hikmah Allah SWT dalam mensyari’atkan hukum kepada manusia dengan cara yang menarik hati, membuka jiwa, dan mendorong orang untuk mengikuti petunjuk-Nya.
3
Syarat-syarat Mufassir

a)        Mengetahui bahasa Arab dengan segala cabang-cabangnya. Mulai dari Nahwu, Sharaf, Badi’, Ma’aniy, Bayan, Adabul-lughah, fiqhul-lughah, dll.
b)        Mengetahui pokok-pokok Ulumul-Qur’an. Misalnya ; Ilmu Qira’at, Asbabun-Nuzul, Nasikh-Mansukh, Muhkam-Mutsyabbih, Makkiy-Madaniy, Ushul Tafsir, I’jazul-Qur’an, Qashas & Amtsilatil-Qur’an, dll.
c)        Mengetahui Hadits-hadits Rasulullah SAW dan segala macam aspeknya.
d)        Mengetahui hal-ihwal manusia dan tabiatnya, terutama bangsa Arab pada masa turunnya Al-Qur’an.
4
Fungsi Syarat-syarat di atas

a)        Mampu memahami dengan benar makna dan hukum-hukum redaksional Ayat, Haqiqi-Majazi, Mubham-Mujmal, ‘Amm-Khash, Muthlaq-Muqayyad, dll.
b)        Mampu menjelaskan arti dan maksud Ayat dengan baik dan benar.
c)        Hadits adalah penjelas Al-Qur’an.
d)        Mengerti keselarasan hukum-hukum Al-Qur’an yang diturunkan untuk mengatur perbuatan mereka.
5
Adab Mufassir atau Tata cara menafsirkan

a)           Menafsirkan Ayat Al-Qur’an dengan Ayat lain terlebih dulu.
b)           Menafsirkan Al-Qur’an dengan keterangan dari Hadits.
c)            Menafsirkan Al-Qur’an dengan pendapat para Shahabat Ra.
d)           Menafsirkan Al-Qur’an dengan pendapat para Tabi’in Ra.
e)           Menafsirkan Al-Qur’an menurut kaidah-kaidah Bahasa Arab.
f)             Menafsirkan Al-Qur’an dengan ilmu pengetahuan lain.




Metode Tafsir Berdasarkan Sumber Penafsirannya
No
Nama Metode
Definisi
Contoh Kitab
Karya
1
Bi al-Ma’tsur/
Bi al-Riwayah / Bi al-Manqul.
Penafsiran bersumberkan Al-Qur’an, Hadits, Riwayat Shahabat Ra. dan Tabi’in Ra.
جـامـع الـبـيـان في تـفـسـيـر الـقـرأن
تــفـسـيـر الـقــرأن الـعـظـيـم
مـعـالــم الـتـنــزيــل
الـمـحــرر الــوجـيـز
الــدر الـمـنــثــور
Ibnu Jarir ath-Thabari
Hafidz Ibnu Katsir
Al-Baghawi
Ibnu ‘Athiyah
Imam as-Suyuthiy
2
Bi al-Ra’yi /
Bi al-Dirayah/
Bi al-Ma’qul.
Penafsiran bersumberkan ijtihad dan pemikiran mufassir terhadap tuntunan bahasa Arab dan kesusateraannya, serta teori ilmu pengetahuan.
مـجــاز الـقــرأن
مـفــاتـيــح الـغـيـب
الـجـامــع لأ حـكــام الـقــرأن
الـبـحــر الـمـحـيــط
تـفـسـيــر الـجــلا لـيـن
Abi ‘Ubaidah
Ar-Raazi
Al-Qurthubi
Abi Lihyan
Al-Mahalliy & as-Suyuthiy
3
Bil Iqtirani /

Perpaduan antara sumber tafsir riwayah yang kuat dan shahih dengan sumber ijtihad yang sehat.
تـفـسـيــر الـمـنــار
الـجــواهــر في تــفـسـيـر الـقــرأن
تـفـسـيــر الـمـراغـي
M. Abduh dan Rasyid Ridha
Thantawi Jauhari
Mushthafa al-Maraghi






Metode Tafsir Berdasarkan Cara Penjelasannya
No
Nama Metode
Definisi
Contoh Kitab
Karya
1
Metode Bayani / Deskripsi
Penafsiran hanya dengan memberikan keterangan secara deskripsi tanpa membandingkan maupun mentarjih riwayat maupun pendapat.
مـعـالــم الـتـنــزيــل

Al-Baghawi

2
Metode Muqarin / Komparasi
Penafsiran dengan membandingkan Ayat dengan Ayat yang sama topiknya, Ayat dengan Hadits, dan antara pendapat antar mufassir dengan menonjolkan segi-segi perbedaan.
الـجـامــع لأ حـكــام الـقــرأن

Al-Qurthubi





Metode Tafsir Berdasarkan Keluasan Penjelasan Tafsirannya
No
Nama Metode
Definisi
Contoh Kitab
Karya
1
Metode Ijmaliy
Penafsiran secara global, untuk memudahkan pemahaman bagi orang awam.
تــفـسـيـر الـقــرأن الكــريـم
تـفـسـيــر الــوسـيـط

M. Farid Wajdi
Majma’ul Buhutsil Islami- yah.
2
Metode Ithnabi
Penafsiran secara mendetail dengan uraian yang panjang lebar, sehingga banyak disenangi para cendekiawan.
تـفـسـيــر الـمـنــار
تـفـسـيــر الـمـراغـي
تـفـسـيــر في ظـلا ل الـقــرأن
M. Abduh dan Rasyid Ridha
Mushthafa al-Maraghi
Sayid Quthub.


Metode Tafsir Berdasarkan segi sasaran dan tertib Ayat yang ditafsirkan
No
Nama Metode
Definisi
Contoh Kitab
Karya
1
Tahlily
Penafsiran Ayat-ayat secara urut dan tertib sesuai dengan susunan dalan Mushhaf. Yaitu mulai dari Al-Fatihah sampai An-Nas.
مـفــاتـيــح الـغـيـب
تـفـسـيــر الـمـراغـي

Ar-Raazi
Mushthafa al-Maraghi

2
Maudhu’iy
Penafsiran dengan mengumpulkan Ayat-ayat dengan topik tertentu, dengan memperhatikan asbabun-nuzul dan munasabah antar Ayat. Kemudian menyimpulkan masalah yang dibahas dari dilalah Ayat-ayat yang ditafsirkan secara terpadu.
الـمــرأة فـي الـقــرأن الكــريـم
الــربى فـي الـقــرأن الكــريـم
أيــات الـكــونـيــة
Al Mahdatu Al Mankhiyah
Abbas al-Aqqad
Abul Ala al-Maududi
Dr. Abdullah Syahhatah
Dr. M. Hijazi
3
Nuzuly

Penafsiran dengan cara urut dan tertib sesuai urutan Asbabun-Nuzulnya.
تــفـسـيـر الـقــرأن الكــريـم
الـتـفـسـيــر الـبـيـان للـقــرأن الـكـريـم
سـورة الـرحـمـن وســور الـقـصـر
Prof. Dr. Quraisy Syihab
Bintu Asy-Syath’iy
Syauqiy Dhaif
Alran / Kecenderungan Penafsiran ( الأ تـجــاه  أو الـنــزعـة )
        


         Yaitu sekumpulan dari Mabadi’(dasar pijakan), pemikiran yang jelas yang tercakup dalam satu teori dan yang mengarah pada satu tujuan. (M. Syarif Ibrahim).
         Yang dimaksud di sini adalah arah penafsiran yang menjadi kecenderungan mufassir dalam menafsirkan Al-Qur’an. Dari kecenderungan-kecenderungan ini, muncullah aliran-aliran tafsir, semisal Tafsir al-Fiqhi, I’tiqadi, dll.
         Prof. Dr. H. Abdul Djalal, HA menyebutkan 8 macam aliran tafsir : a) Lughawi / Adabi, b) Fiqhi / Ahkam, c) Shufiy / Isyari, d) I’tizali, e) Syi’I / Bathiniy, f) ‘Aqli / Falsafi, dan  g) Ilmi / ‘Ashri.
         Prof. Dr. Quraisy Shihab menyebutkan 7 macam.: a) Fiqhi, b) Shufiy / Isyari, c) Ilmiy, d) Bayan, e) Falsafiy, f) Adabiy, g) Ijtima’iy.





Alran Penafsiran ( الأ تـجــاه  أو الـنــزعـة )
No
Nama Aliran
Definisi
Contoh Kitab
Karya
1
Lughawi/ Adabi
Penafsiran yang menitik beratkan pada aspek bahasa. Meliputi I’rab, harakat bacaan, pembentukan kata, susunan kalimat dan kesusasteraan. Disebut ‘Adabi’ karena melibatkan peranan Ilmu Balaghah.
تـفـسـيــر الـكـشــاف

Az-Zamakhsyari

2
Tafsir al-Fiqhi
Penafsiran yang titik sentralnya pada bidang hukum / fiqih.
الـجـامــع لأ حـكــام الـقــرأن
تـفـسـيــر أحـكـام الـقــرأن
تـفـسـيــر أيــات الأ حـكــام
Al-Qurthubi
Ibnul Arabi
Muhammad Ali As-Sayis
3
Tafsir Shufi

Penafsiran yang kajiannya menitik beratkan pada unsur-unsur kejiwaan.
تـفـسـيــر الـقــرأن الـعـظـيـم
حـقــائــق الـتـفـسـيـر
عــرائــس الـبـيــان
الـتـفـسـيــر الـمـنـسـوب
Sahal bin Abdillah at-Tustury
As-Sulamiy
Syairazi
Syairazi
4
Tafsir I’tiqadi
Penafsiran yang titik sentral kajiannya pada bidang aqidah dengan maksud untuk bisa menguatkan faham-fahamnya.
تـفـسـيــر الـكـشــاف
الـتـبـيــان
فـتـح الـقــديــر
تـيـســيـر الـتـفـسـيــر

Az-Zamakhsyari
Abi Ja’far at-Thuusiy
asy-Syaukaniy
Muhammad bin Yusuf
5
Tafsir Falsafi
Penafsiran yang titik sentral kajiannya pada bidang filsafat dengan menggunakan jalan dan pemikiran filsafat.


6
‘Ashri / Ilmi

Tafsir Al-Qur’an beraliran modern / ilmiah, dengan titik sentral pada ilmu pengetahuan umum, terutama melalui Ayat-ayat kauniyah (alam fisika).
الـجــواهــر
الـتـفـسـيــر الـعـلــم للأ يـات الـكــونـيــة في الـقــرأن
تـفـسـيــر الأ يـات الـكــونـيــة
مـن الأ يـات الـكــونـيــة في الـقــرأن الكــريـم


Thantawi Jauhari
Dr. Hanafi Ahmad

Abdullah Syahhathah
Dr. M. Jamaluddin al-Fandi
7
Tafsir Ijtima’iy
Penafsiran yang melibatkan kenyataan sosial yang berkembang di masyarakat.
تـفـسـيــر الـمـنــار
تـفـسـيــر في ظـلا ل الـقــرأن

M. Abduh dan Rasyid Ridha
Sayid Quthub.


Manhaj Tafsir`


























Vertical Scroll: Bayani
Muqarin







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Jadwal Shalat